Catatan Kecil di Usia Saya yang Baru

Buku ‘Fisika itu Asyik’ Ini adalah salah satu hadiah terspesial yang pernah saya dapat di hari ulang tahun saya. Di tahun 2002 la...



Buku ‘Fisika itu Asyik’ Ini adalah salah satu hadiah terspesial yang pernah saya dapat di hari ulang tahun saya.

Di tahun 2002 lalu, saat itu saya masih duduk di bangku SMP, ya bayangin kira-kira saya model-modelnya Iqbal Coboy Junior lah, ya. Awal Januari 2002, saya bersama adik saya, Adis, sedang berada di Gramedia Lippo Karawaci.

Saya memegang-megang sebuah buku, judulnya Fisika itu Asyik, sambil ngomong sendirian, “Yah, uangnya nggak cukup”.

7 Januari 2002, saat saya merayakan ulang tahun ke-sekian –ya pokoknya anggaplah se-Iqbal Coboy Junior– tiba-tiba adik saya memberi sebuah kado, yang di dalamnya adalah buku ini.

Ternyata sewaktu di Gramedia, adik saya yang saat itu masih duduk di bangku kelas 4 SD, melihat saya terus memegang buku ini namun tidak jadi beli. Sampai akhirnya ia yang menghadiahkan saya buku ini. :’)

***


Dulu, saya memang sangat tertarik pada ilmu alam, khususnya fisika dan biologi. Saya bercita-cita menjadi peneliti, atau astronom. Dari SD, saya selalu membaca majalah Orbit, dan sangat suka menonton acara Tralala Trilili -yang hostnya Agnes Monica dan Ka Ferry ME 😂- di segmen “Mengapa Begini Mengapa Begitu?”

Masuk SMP, saya begitu senang karena di SMP saya ada mikroskopnya! Maklum, SD saya yang letaknya di depan sawah Cipondoh hanya memiliki fasilitas seadanya.

Saking senangnya masuk SMP yang punya mikroskop, saya pernah menghabiskan waktu sendirian di lab karena hanya ingin tau bentuk jamur yang muncul di roti yang sudah saya simpan 4 hari di kamar.
Kesenangan dan semangat itu berubah menjadi kegalauan dan kesedihan, ketika Pak Nandang, guru biologi SMP saya memberitahu bahwa saya adalah penderita buta warna.

“Dokter, atau para ahli biologi, fisika, dan astronomi, setau saya tidak bisa buta warna,” begitu kata Pak Nandang. Berminggu-minggu saya terlarut dalam kesedihan.

“Mengapa terjadi pada saya? Kenapa nggak ke orang lain aja sih?!” saya terus menyalahkan keadaan.

Sampai akhirnya saya membaca kalimat dari Helen Keller, salah seorang tokoh kemanusiaan terbesar di abad 20, yang menderita buta, tuli, dan bisu.

“Begitu banyak yang telah Tuhan berikan untuk saya. Saya tidak punya waktu untuk menyesali apa yang tidak saya miliki”

Meski membutuhkan waktu, akhirnya saya bisa bertekad untuk lebih mendalami IPS dan sudah meniatkan diri untuk jadi anak IPS saat SMA kelak.

***

Masuk SMA, saya mengikuti 11 ekstrakurikuler, untuk mencari tahu sebenarnya dimana saya seharusnya, apa kelebihan yang saya punya, dimana saya harus mengembangkan diri saya.
Ya yang ada malah makin bingung, sih. Haha.

Sampai sekarang –belasan tahun kemudian, di usia yang baru ini (ini harus banget disebut biar Kamu aware hari ini ulang tahun saya, loh), saya masih belajar, masih mencoba mengembangkan potensi yang ada dalam diri sembari mendalami ilmu yang kini saya sukai.

Semoga saya berada dalam jalur yang benar untuk bisa selalu bahagia, membahagiakan kedua orang tua dan keluarga serta bermanfaat bagi lingkungan sekitar, ya. 😉

***


Jadi, apakah saya bisa mewujudkannya? Apakah saya terus fokus di dunia marketing? Apakah sebaiknya saya mencoba karir profesional di dunia politik? Apakah maksud dari tulisan yang amat sangat panjang ini? Apakah Kamu membacanya? Apakah menginspirasi buat Kamu untuk ngucapin ulang tahun ke saya? Apakah tahun ini saya bisa travelling? Apakah saya akan travelling berdua? Apakah bertiga? Apakah berempat? Apakah tidak ada pertanyaan yang lebih penting? Apakah pantas saya bertanya sedemikian banyaknya? Apakah tidak ada kata-kata lain selain apakah? Apakah tidak ada pertanyaan yang lebih penting? Apakah pertanyaan barusan sudah pernah ditanyakan? Apakah Kamu sedang tidak ada kerjaan hingga membaca tulisan ini sampai selesai?

#rifaadalahkita

You Might Also Like

2 komentar

  1. Asa syarikat pinjaman pinjaman bersedia untuk meminjamkan mana-mana jumlah yang anda perlukan untuk memulakan perniagaan peribadi anda. kami memberi pinjaman pada kadar faedah 3%, juga jika anda ingin membeli rumah di atas ansuran bulanan kita juga boleh menjual rumah untuk anda. supaya Sila memohon pinjaman pertanian pertanian. jika anda memerlukan hubungan pinjaman e-mel kami: asaloantransfer@gmail.com, anda juga boleh menghubungi e-mel ini: finance_institute2015@outlook.com, Mungkin ada banyak sebab mengapa anda perlu akses kepada beberapa wang tunai tambahan - daripada yang tidak dijangka pembaikan kereta atau rumah untuk membayar perkahwinan anda atau cuti khas. Tetapi apa sahaja yang anda memerlukannya, apabila anda meminjam antara $ 5,000 USD untuk 100,000 USD di atas.

    pengkhususan Syarikat.
    1) Kami memberi pinjaman pada kadar faedah 3%.
    2) Kami juga boleh membeli sebuah rumah pilihan anda dalam mana-mana lokasi pilihan anda.

    ReplyDelete
  2. Apakah ini adalah kolom komentar?

    ReplyDelete

Instagram Rifa