Tentang Rifa

Hai, nama saya Rifa Mulyawan, biasa dipanggil Rifa. Saya pernah bertanya ke orang tua mengenai arti nama saya. Menurut ibu saya, Rifa ber...

Hai, nama saya Rifa Mulyawan, biasa dipanggil Rifa. Saya pernah bertanya ke orang tua mengenai arti nama saya. Menurut ibu saya, Rifa berasal dari kata Januari dan Nafaril. Gabungan dari bulan kelahiran saya serta nama belakang ayah saya. Saya tidak tahu itu jawaban serius atau bukan, karena saya menanyakannya kalau tidak salah pada saat saya duduk di bangku kelas 2 SD.

Saya menghabiskan masa kecil hingga remaja di Tangerang. Saat bersekolah di SMA Negeri 1 Tangerang, saya mencoba terlibat dalam berbagai aktivitas dan kegiatan ekstrakurikuler. Seingat saya, dulu saya tergabung dalam 11 organisasi/kegiatan ekstrakurikuler di sekolah, termasuk menjadi Ketua Umum OSIS pada saat itu. Hobi saya dalam berorganisasi memacu saya untuk meneruskan studi di jurusan ilmu politik di Universitas Indonesia (UI) pada tahun 2006.

Semasa kuliah, saya turut aktif dalam berbagai kegiatan, di antara dengan menjadi Kepala Departemen Sosial BEM FISIP UI, Kepala Bidang Acara Bedah Kampus UI, serta menjadi penyiar di Unit Kegiatan Mahasiswa 107,9 RTC UI FM. Saat menjadi mahasiswa ilmu politik, saya tertarik dengan dunia pemasaran politik, dan pernah mempelopori penggunaan konsep dan teori pemasaran politik dalam suatu kompetisi pemilihan ketua organisasi mahasiswa di Indonesia, untuk pasangan Imadudin Abdullah-Choky Ramadhan, yang kemudian terpilih sebagai Ketua dan Wakil Ketua BEM UI 2010.

Sempat menjadi seorang bankir selama hampir tiga tahun seusai lulus kuliah di tahun 2010, pada tahun 2013 saya melanjutkan pendidikan di program pascasarjana Ilmu Komunikasi UI, dan telah berhasil meraih gelar master sains di bidang ilmu komunikasi pada tahun 2015. Saya menuliskan tesis mengenai strategi pemasaran politik oleh politisi baru di Indonesia dalam era masyarakat jejaring.


Kini saya menjalani keseharian sebagai seorang marketing communications specialist di sebuah perusahaan sekuritas di Jakarta, dengan aktivitas tak jauh dari dunia komunikasi pemasaran terpadu (integrated marketing communications): advertising, event management, digital marketing, content marketing, dan public relations. Selain itu, saya juga mencoba untuk berkontribusi pada pengembangan anak muda Indonesia, dengan bersama dua orang teman, kami mendirikan dan mengelola sebuah opportunities hub platform bagi anak muda bernama Kampus Update (www.twitter.com/kampusupdate).

Saya suka mengisi hari-hari saya dengan membaca buku, terutama buku mengenai komunikasi pemasaran, pemasaran politik, novel populer, komedi populer, serta pengembangan diri. Hobi membaca turut membuat saya jatuh cinta pada traveling. Sejak duduk di bangku SMP, akibat membaca buku mengenai ASEAN, saat itu saya bertekad untuk bisa berkunjung ke seluruh negara anggota ASEAN, sebelum Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) dilaksanakan.






You Might Also Like

0 komentar

Instagram Rifa